PENERIMAAN SNMPTN TAHUN 2022

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022 dibuka.

Pendaftaran SNMPTN 2022 bisa dilakukan di Portal LTMPT di link Portal.ltmpt.ac.id. Selain di Portal LTMPT, pendaftaran SNPMPTN 2022 juga bisa berlangsung di link https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Jalur SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan atau portofolio calon mahasiswa. Kuota daya tampung setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN paling sedikit sebesar 20 persen dari total daya tampung. Setiap sekolah akan mendapatkan jumlah kuota jalur SNMPTN yang berbeda, sesuai dengan akreditasi dari sekolah tersebut. Sekolah dengan akreditasi A akan mendapatkan kuota 40% terbaik di sekolahnya. Untuk sekolah akreditasi B, mendapat jatah kuota SNMPTN 2022 sebanyak 25% terbaik di sekolahnya. Sedangkan sekolah akreditasi C dan lainnya mendapat kuota 5% terbaik di sekolahnya.

Tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN 2022. Hanya siswa yang sudah memenuhi syarat yang bisa bisa daftar SNMPTN 2022. Berikut syarat pendaftaran SNMPTN 2022 Sudah memiliki akun di LTMPT Akunnya sudah permanen Termasuk salah satu siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah Memiliki nilai yang lengkap yang dapat mendaftar di SNMPTN. Berikut adalah tahapan pendaftaran SNMPTN 2022 :

1. Login di portal LTMPT dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.

2. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan program studi (prodi) yang dipilih pada halaman PILIHAN.

3. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang diplih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, halaman PORTOFOLIO tidak perlu diisikan.

4. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang pernah Anda dapatkan serta sesuai dengan prodi yang diminati.

5. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah Anda melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah dengan alasan apa pun.

6. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi. Cara melihat kuota sekolah Merujuk akun media sosial LTMPT.

Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah yang pada dasarnya memperhitungkan nilai mata pelajaran sebagai berikut:

Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi

Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan;

Kompetensi Keahlian Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa apabila ada nilai yang . Sementara itu, jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah. Syarat sekolah SNMPTN 2022 Sekolah yang bisa mendaftarkan siswanya di jalur SNMPTN 2022 harus memenuhi syarat sebagai berikut:

SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN Ketentuan akreditas: A (40 persen terbaik di sekolahnya), B (25 persen terbaik di sekolahnya), C dan lainnya (5 persen terbaik di sekolahnya) Mengisi PDSS berupa data siswa yang eligible sesuai dengan ketentuan Pilihan Program Studi SNMPTN 2022 Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih  satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. Disarankan tidak  lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju)

Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2022:    

Penutupan Masa Sanggah Kuota Sekolah: 17 Januari 2022    

Registrasi Akun LTMPT Sekolah: 4 Januari-10 Februari 2022    

Registrasi Akun LTMPT Siswa: 10 Januari-15 Februari 2022    

Sosialisasi PDSS: 1 Desember 2021-8 Februari 2022    

Sosialisasi SNMPTN 2022: 1 Desember 2021-28 Februari 2022    

Launching kegiatan PMB: 4 Januari 2022    

Penetapan Siswa Eligible: 4 Januari-8 Februari 2022    

Pengisian PDSS: 8 Januari-8 Februari 2022    

Pendaftaran SNMPTN: 14-28 Februari 2022    

Pengumuman hasil SNMPTN: 29 Maret 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *