Ayooo kuliah di UNSAM, Pendaftaran SMM PTN – Barat udah di buka loh.

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-Barat) telah dibuka. Pendaftaran berlangsung sejak 1 April 2022 hingga 27 Juni 2022.

Seleksi mahasiswa baru melalui jalur SMM PTN-Barat 2022 menggunakan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia SMM PTN–Barat.

Pendaftaran dilakukan secara online. Pengisian formulir pendaftaran ujian tulis dan portofolio melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/
dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.

Peserta ujian SMM PTN–Barat 2022 yang sudah membayar biaya pendaftaran pada batas waktu 27 Juni 2022 pada pukul 16.00 WIB, tetapi belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran, diberi kesempatan untuk simpan permanen paling lambat 28 Juni 2022 pukul 14.00 WIB.

Sedangkan batas akhir cetak kartu
peserta pada 28 Juni 2022 pukul 14.00 WIB. Saat mendaftar, peserta yang juga ikut seleksi jalur lain yaitu SBMPTN 2022, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2022 pada kolom yang disediakan.

Jenis ujian pada SMM PTN–BARAT 2022 terbagi dalam 2 kelompok, yaitu Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika,
Kimia dan Biologi).

Untuk kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi
ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi). Peserta hanya boleh memilih salah satu kelompok ujian, dan tidak ada kelompok campuran.

Ditambahkan, peserta bisa memilih paling banyak dua pilihan program studi (prodi) pada satu PTN atau lebih. PTN pilihan pertama tak harus berada di lokasi ujian tulis. Karena kondisi saat ini masih pandemi covid-19, peserta dianjurkan memilih lokasi ujian yang dekat dengan domisili peserta saat ini. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Biaya pelaksanaan seleksi UTBK dikenakan Rp350 ribu. Biaya tersebut harus dibayarakan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank mitra yaitu Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN dan Bank BSI.

yuukk buruan daftar dan bergabung bersama Universitas Samudra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *